CARA BUAT MAKALAH DI WORD

7 Cara Membuat Cover Makalah yang Menarik di Microsoft Word 2013

Pendahuluan

Saat membuat makalah, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah membuat cover yang menarik. Cover merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca, sehingga penting bagi kita untuk membuatnya semenarik mungkin. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat cover makalah yang bagus di Microsoft Word 2013. Berikut adalah 7 langkah mudah untuk membuat cover yang menarik.

Langkah 1: Memilih Tema yang Sesuai

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih tema yang sesuai untuk cover makalah kita. Pilihlah tema yang relevan dengan topik makalah dan sesuai dengan tujuan makalah tersebut. Tema yang dipilih dapat berupa gambar, warna, atau kombinasi keduanya.

Langkah 2: Menentukan Ukuran Cover Makalah

Setelah memilih tema, langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran cover makalah. Ukuran cover yang umum digunakan adalah ukuran A4 atau 21 cm x 29,7 cm. Namun, ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Langkah 3: Menambahkan Gambar Latar Belakang

Tambahkan gambar latar belakang untuk cover makalah kita. Pilih gambar yang berkualitas tinggi dan relevan dengan tema yang telah kita pilih sebelumnya. Pastikan ukuran gambar sesuai dengan ukuran cover makalah yang telah ditentukan.

Langkah 4: Menambahkan Judul Makalah

Selanjutnya, tambahkan judul makalah di halaman cover. Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca. Berikan efek seperti bayangan atau garis bawah pada judul untuk membuatnya lebih menonjol.

Langkah 5: Menambahkan Nama Penulis dan Institusi

Jangan lupakan untuk menambahkan nama penulis makalah dan institusi tempat penulis berafiliasi. Tempatkan informasi ini di bawah judul makalah dan gunakan font yang lebih kecil dari judul namun tetap mudah dibaca.

Langkah 6: Menambahkan Logo atau Gambar Tambahan

Jika ingin memberikan sentuhan kreatif tambahan, tambahkan logo atau gambar lainnya yang mendukung tema atau topik makalah kita. Pastikan gambar tersebut memberikan nilai tambah pada cover makalah kita.

Langkah 7: Menyempurnakan dan Mengevaluasi Hasil Akhir

Langkah terakhir adalah menyempurnakan cover makalah dan mengevaluasi hasil akhirnya. Periksa kembali semua elemen yang telah ditambahkan, pastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan. Jika perlu, minta pendapat dari orang lain untuk mendapatkan masukan dan saran yang berguna.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah mengulas tentang cara membuat cover makalah yang menarik di Microsoft Word 2013. Dengan mengikuti 7 langkah yang telah dijelaskan, kita dapat membuat cover yang menarik dan profesional. Penting bagi kita untuk memilih tema yang sesuai, menentukan ukuran yang tepat, menambahkan gambar latar belakang, judul, nama penulis, logo, serta menyempurnakan hasil akhir. Semoga artikel ini dapat membantu dan menginspirasi Anda dalam membuat cover makalah yang menarik. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!