CARA BUAT PILIHAN GANDA DI WORD

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda di Microsoft Word

Jika Anda sering membuat soal pilihan ganda untuk keperluan sekolah atau pekerjaan, menggunakan Microsoft Word bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat soal pilihan ganda di Microsoft Word dengan mudah.

Langkah 1: Buka Dokumen Baru di Microsoft Word

Pertama-tama, buka Microsoft Word dan buat dokumen baru. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon “Microsoft Word” di desktop Anda atau dengan mencarinya di menu Start. Setelah itu, klik “File” di pojok kiri atas jendela Word dan pilih “New” atau “Dokumen Baru”.

Langkah 2: Buat Daftar Pertanyaan

Setelah dokumen baru terbuka, buat daftar pertanyaan yang ingin Anda sisipkan dalam soal pilihan ganda. Anda dapat mengetik pertanyaan tersebut atau menyalinnya dari sumber yang Anda miliki.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan pertanyaan berikut:

  1. Apa ibu kota Indonesia?
  2. Apa warna bendera Indonesia?
  3. Apa mata uang Indonesia?

Langkah 3: Tambahkan Pilihan Jawaban

Untuk setiap pertanyaan, tambahkan pilihan jawaban di bawahnya. Untuk membuat pilihan jawaban, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pilih pertanyaan yang ingin Anda tambahkan pilihan jawabannya.
  2. Klik tab “Home” di bagian atas jendela Word.
  3. Pada grup “Paragraph”, pilih ikon “Bullets” atau “Numbering”.
  4. Tambahkan pilihan jawaban di bawah pertanyaan dengan menekan tombol “Enter” setelah setiap pilihan.

Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan pilihan jawaban berikut untuk pertanyaan pertama:

  1. Jakarta
  2. Bandung
  3. Surabaya

Langkah 4: Tandai Pilihan Jawaban yang Benar

Setelah menambahkan pilihan jawaban untuk semua pertanyaan, tandai pilihan jawaban yang benar. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol kiri mouse untuk memilih pilihan jawaban yang benar.
  2. Klik kanan pada pilihan jawaban yang telah dipilih.
  3. Pilih “Font” dari menu dropdown yang muncul.
  4. Pilih opsi tanda centang pada bagian “Symbol” dan klik “OK”.

Sebagai contoh, untuk jawaban pertama “Jakarta” pada pertanyaan pertama, tekan dan tahan tombol kiri mouse, klik kanan pada jawaban “Jakarta” yang telah dipilih, pilih “Font” dan pilih opsi tanda centang.

Langkah 5: Berikan Skor untuk Setiap Pertanyaan

Setelah menandai pilihan jawaban yang benar, berikan skor untuk setiap pertanyaan. Anda dapat melakukannya dengan menambahkan angka atau simbol tertentu di depan pertanyaan.

Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan skor menggunakan tanda “+ ” untuk setiap pertanyaan:

  • + Apa ibu kota Indonesia?
  • Apa warna bendera Indonesia?
  • Apa mata uang Indonesia?

Langkah 6: Format dan Atur Tampilan Soal

Setelah menambahkan pilihan jawaban dan skor untuk semua pertanyaan, anda dapat mengatur tampilan soal sesuai keinginan Anda. Anda dapat menggunakan berbagai format teks seperti bold, italic, atau underline untuk membuat soal lebih menarik.

Anda juga dapat mengatur tampilan soal dengan mengubah ukuran font, warna font, atau menambahkan gambar. Untuk menambahkan gambar, klik tab “Insert” di bagian atas jendela Word dan pilih “Picture” atau “Gambar”.

Langkah 7: Simpan dan Cetak Soal

Setelah Anda selesai membuat soal pilihan ganda di Microsoft Word, jangan lupa untuk menyimpan dokumen tersebut. Klik “File” di pojok kiri atas jendela Word dan pilih “Save” atau “Save As”.

Anda juga dapat mencetak soal tersebut dengan mengklik “File” dan memilih “Print” atau “Cetak”. Pastikan Anda memiliki kertas dan tinta yang cukup sebelum mencetak soal tersebut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara membuat soal pilihan ganda di Microsoft Word dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat membuat soal pilihan ganda yang rapi dan menarik. Selamat mencoba!

Jumpa lagi di artikel menarik lainnya!