CARA DOWNLOAD VIDEO DI INSTAGRAM LEWAT LAPTOP

Cara DM di Instagram Lewat PC Tanpa Aplikasi

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Namun, bagaimana jika Anda ingin mengirim pesan langsung atau direct message (DM) melalui Instagram menggunakan PC atau laptop? Meskipun awalnya Instagram tidak menyediakan fitur DM di versi web, namun seiring perkembangan teknologi, saat ini sudah ada cara untuk melakukan DM di Instagram lewat PC tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Cara DM di Instagram Lewat PC Tanpa Aplikasi

1. Buka browser di PC atau laptop Anda, kemudian buka situs resmi Instagram di alamat www.instagram.com.

Setelah halaman Instagram terbuka, login menggunakan akun Instagram Anda. Jika belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya dengan mengklik tombol “Daftar” dan mengikuti langkah-langkah pendaftaran.

2. Setelah berhasil login, halaman Instagram akan muncul. Namun, sayangnya dalam tampilan halaman Instagram versi web, fitur DM tidak ditampilkan secara langsung seperti di aplikasi Instagram di smartphone.

Untuk mengakses fitur DM, Anda perlu mengubah halaman Instagram versi web menjadi tampilan versi ponsel. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur pengembang (developer tools) pada browser.

3. Untuk mengaktifkan fitur pengembang pada browser Chrome, Anda dapat menggunakan tombol pintasan keyboard “Ctrl+Shift+I” (Windows) atau “Cmd+Option+I” (Mac). Setelah itu, akan muncul jendela pengembang di sisi kanan atau bawah layar.

Pada jendela pengembang, klik ikon perangkat seluler yang berbentuk segi empat dengan garis di atasnya, atau Anda juga dapat menekan tombol “Ctrl+Shift+M” (Windows) atau “Cmd+Option+M” (Mac) untuk mengubah tampilan ke mode perangkat seluler.

4. Setelah mengubah tampilan ke mode perangkat seluler, refresh (muat ulang) halaman Instagram dengan menekan tombol “F5” atau klik tombol refresh di browser Anda.

Halaman Instagram akan terlihat seperti tampilan versi ponsel dengan fitur DM yang sudah dapat diakses. Anda akan melihat ikon DM di bagian kanan atas halaman Instagram.

5. Klik ikon DM, kemudian halaman DM akan muncul. Anda dapat membuka percakapan dengan pengguna lain yang sudah ada atau juga dapat memulai percakapan baru dengan mengklik ikon pesan di bagian atas halaman DM.

Dalam halaman DM, Anda dapat mengirim pesan teks, gambar, video, atau mengirim pesan suara. Fitur DM di Instagram versi web tidak berbeda jauh dengan fitur DM di aplikasi Instagram di smartphone.

6. Untuk mengirim pesan, klik ikon pesan di kolom input teks, kemudian ketikkan pesan yang ingin Anda kirim. Jika ingin mengirim gambar, video, atau pesan suara, klik ikon kamera atau mikrofon di sebelah kolom input teks.

Setelah selesai mengetik pesan atau mengunggah media, klik ikon kirim di sebelah kanan kolom input teks untuk mengirim pesan tersebut.

7. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur keyboard pada PC atau laptop Anda untuk mempercepat proses pengetikan pesan. Misalnya, dengan menekan tombol “Enter” atau “Return” setelah mengetik pesan, pesan tersebut akan terkirim.

Anda juga dapat menggunakan tombol pintasan keyboard “Ctrl+Enter” (Windows) atau “Cmd+Enter” (Mac) untuk mengirim pesan dengan lebih cepat.

8. Selain mengirim pesan satu-persatu, Anda juga dapat membuat grup DM dengan beberapa pengguna lain. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke halaman DM, klik ikon titik tiga di bagian kanan atas halaman DM, kemudian pilih “Buat Grup Baru”.

Setelah itu, Anda dapat memilih pengguna Instagram yang ingin Anda ajak bergabung dalam grup DM tersebut. Setelah selesai memilih pengguna, klik tombol “Next” dan berikan nama untuk grup DM Anda. Terakhir, klik tombol “Buat” untuk membuat grup DM.

9. Dalam grup DM, Anda dapat mengirim pesan teks, gambar, video, atau pesan suara seperti dalam percakapan satu-persatu. Namun, dalam grup DM, pesan yang Anda kirim akan terlihat oleh semua anggota grup.

Anda juga dapat menghapus pesan di DM dengan cara menggeser pesan ke kiri dan memilih opsi “Hapus”. Anda juga dapat memblokir pengguna yang mengganggu dalam DM dengan memilih opsi “Blokir” di profil pengguna tersebut.

10. Selain itu, Anda juga dapat melihat pesan yang belum terbaca atau pesan yang ditandai sebagai penting di halaman DM. Untuk melihat pesan belum terbaca, klik ikon gembok di bagian atas halaman DM.

Sedangkan untuk melihat pesan yang ditandai sebagai penting, klik ikon bintang di bagian atas halaman DM.

11. Ketika Anda sudah selesai menggunakan fitur DM di Instagram lewat PC atau laptop, jangan lupa untuk keluar atau logout dari akun Instagram Anda. Caranya sangat mudah, klik ikon titik tiga di bagian kanan atas halaman Instagram, kemudian pilih “Keluar” atau “Logout”.

Dengan logout, Anda akan melindungi informasi dan privasi akun Instagram Anda dari akses yang tidak sah.

12. Jika Anda menggunakan browser yang berbeda atau ingin kembali ke tampilan Instagram versi web, Anda hanya perlu menutup halaman Instagram dan membuka halaman Instagram kembali tanpa menggunakan fitur pengembang atau mode perangkat seluler.

Sebagai catatan, ketika Anda menggunakan fitur DM di Instagram lewat PC atau laptop, pastikan Anda terhubung dengan internet agar segala aktivitas DM dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

13. Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat dengan mudah melakukan DM di Instagram tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan di PC atau laptop Anda. Fitur DM di Instagram versi web sangat berguna ketika Anda sedang bekerja atau menggunakan PC atau laptop untuk mengakses Instagram.

Anda tidak perlu lagi repot-repot mengambil smartphone atau membuka aplikasi Instagram di smartphone hanya untuk mengirim pesan kepada teman, keluarga, atau orang penting lainnya.

14. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua fitur DM di Instagram versi aplikasi dapat digunakan dalam versi web. Misalnya, fitur video call atau panggilan suara tidak tersedia di dalam fitur DM di Instagram versi web.

Jadi, jika Anda ingin melakukan video call atau panggilan suara dengan pengguna Instagram lain, Anda tetap perlu menggunakan aplikasi Instagram di smartphone.

15. Selain itu, ketika menggunakan DM di Instagram versi web, Anda juga perlu berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi atau data sensitif. Pastikan pengguna Instagram yang Anda ajak bicara adalah orang yang Anda kenal dan percayai.

Jangan sembarangan membuka percakapan DM dengan orang yang tidak Anda kenal atau tidak memiliki hubungan baik dengan Anda. Jaga privasi dan keamanan akun Instagram Anda dengan baik.

16. Terakhir, dengan adanya fitur DM di Instagram versi web, Anda dapat dengan mudah terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna Instagram lain menggunakan PC atau laptop Anda. Anda tidak perlu lagi repot-repot membuka smartphone atau mengunduh aplikasi Instagram di PC atau laptop.

Jadi, jika Anda sering menggunakan PC atau laptop untuk bekerja atau berselancar di internet, Anda dapat dengan mudah mengakses fitur DM di Instagram dan tetap terhubung dengan teman, keluarga, atau kenalan Anda melalui pesan langsung.

Kesimpulan

Dengan melakukan beberapa langkah dan menggunakan fitur pengembang pada browser, Anda dapat dengan mudah melakukan DM di Instagram lewat PC tanpa aplikasi tambahan. Fitur DM di Instagram versi web ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan langsung kepada teman, keluarga, atau orang penting lainnya tanpa harus membuka aplikasi Instagram di smartphone. Namun, perlu diingat untuk tetap berhati-hati dalam berkomunikasi dan menjaga privasi serta keamanan akun Instagram Anda. Selamat mencoba!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!