CARA DOWNLOAD VIDEO YOUTUBE DENGAN CEPAT DI LAPTOP

Cara Download Video YouTube dengan Mudah dan Gratis

YouTube merupakan platform video terbesar di dunia yang menyediakan berbagai konten menarik dan bermanfaat. Namun, terkadang kita ingin menyimpan video-video tersebut agar bisa ditonton kapan saja tanpa perlu terhubung ke internet. Nah, dalam artikel ini, kami akan membagikan cara-cara mudah dan gratis untuk mendownload video YouTube. Simak ulasan berikut!

1. Menggunakan Layanan Online

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan layanan online atau website yang menyediakan fitur download video YouTube. Beberapa layanan terkenal untuk mendownload video YouTube secara online antara lain SaveFrom.net, Y2Mate, dan KeepVid. Kamu hanya perlu mengunjungi salah satu website tersebut, lalu melakukan langkah-langkah yang disediakan untuk mendownload video yang diinginkan.

Kelebihan dari menggunakan layanan online adalah kamu tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan di komputer atau perangkatmu. Selain itu, prosesnya juga cukup cepat dan mudah dilakukan.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Bagi kamu yang sering mendownload video dari YouTube, menginstal aplikasi pihak ketiga mungkin bisa menjadi solusi yang lebih praktis. Terdapat banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendownload video YouTube, seperti 4K Video Downloader, Free YouTube Downloader, dan many others. Setelah menginstal aplikasi tersebut, kamu bisa langsung memasukkan URL video yang ingin didownload, lalu mengatur format atau kualitasnya, dan melakukan proses download.

Kelebihan dari menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah kamu bisa memilih format dan kualitas video yang diinginkan sebelum mendownloadnya. Selain itu, biasanya aplikasi tersebut juga menyediakan fitur konversi video ke format lainnya.

3. Menggunakan Plugin atau Ekstensi Browser

Jika kamu lebih sering menggunakan browser untuk mengakses YouTube, menginstal plugin atau ekstensi browser bisa menjadi cara yang lebih praktis untuk mendownload video. Beberapa browser populer seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox memiliki ekstensi khusus yang bisa digunakan untuk mendownload video YouTube.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi web store browsermu, lalu mencari ekstensi yang sesuai dengan browser yang kamu gunakan. Setelah menginstal ekstensi yang diinginkan, kamu akan melihat tombol download di bawah video YouTube yang bisa kamu klik untuk mendownloadnya.

4. Menggunakan IDM (Internet Download Manager)

IDM atau Internet Download Manager merupakan salah satu software terpopuler untuk mendownload berbagai jenis file dari internet, termasuk video YouTube. Kamu bisa menginstal IDM di komputermu, lalu mengakses video YouTube yang ingin didownload. IDM akan secara otomatis mendeteksi video tersebut dan memberikan pilihan untuk mendownloadnya.

Kelebihan menggunakan IDM adalah proses download menjadi lebih cepat dan stabil. Selain itu, kamu juga bisa mengatur prioritas download dan mengunduh video dalam format yang kamu inginkan.

5. Mendownload Video YouTube dengan Menambahkan “ss” di URL

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menambahkan “ss” di URL video YouTube yang ingin didownload. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengunjungi video YouTube yang ingin kamu download, lalu tambahkan “ss” di depan “youtube” pada URL. Contohnya, jika URL videonya adalah “https://www.youtube.com/watch?v=ABC123”, maka kamu tinggal mengubahnya menjadi “https://www.ssyoutube.com/watch?v=ABC123”. Kemudian, tekan Enter.

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman situs SaveFrom.net atau layanan serupa, di mana kamu bisa memilih format dan kualitas video yang ingin didownload. Klik tombol download, dan proses download akan dimulai.

Kesimpulan

Mendownload video YouTube bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik menggunakan layanan online, aplikasi pihak ketiga, plugin atau ekstensi browser, IDM, maupun dengan menambahkan “ss” di URL. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mendownload video YouTube kesayanganmu. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!