CARA DOWNLOAD VIDEO YOUTUBE LAPTOP

Cara Download Video YouTube di Laptop atau PC dengan Mudah

Siapa sih yang tidak suka menonton video di YouTube? Platform streaming yang satu ini menyediakan berbagai macam konten menarik yang bisa dinikmati oleh semua orang. Tapi terkadang, kita ingin memiliki video tersebut dan menontonnya kapan saja dan di mana saja tanpa perlu terkoneksi dengan internet. Nah, pada artikel kali ini, JalanTikus akan memberikan 7 cara download video YouTube di laptop atau PC dengan mudah. Yuk, simak penjelasannya!

1. Gunakan Video Downloader

Salah satu cara termudah yang dapat kamu gunakan untuk download video YouTube di laptop atau PC adalah dengan menggunakan aplikasi video downloader. Ada beberapa aplikasi video downloader yang bisa kamu gunakan, seperti 4K Video Downloader, Freemake Video Downloader, atau Internet Download Manager (IDM). Cukup salin URL video yang ingin kamu download, buka aplikasi video downloader, dan tempelkan URL tersebut di dalam aplikasi. Kemudian, aplikasi akan secara otomatis mendeteksi video tersebut dan kamu tinggal memilih format dan kualitas video yang kamu inginkan. Setelah itu, klik tombol download, dan tunggu hingga proses download selesai. Voila, video YouTube sudah berhasil di-download di laptop atau PC kamu!

2. Menggunakan Website Download Video

Selain menggunakan aplikasi video downloader, kamu juga bisa mengunjungi website download video YouTube untuk mendownload video yang kamu inginkan. Ada banyak website download video YouTube yang bisa kamu gunakan, seperti SaveFrom.net, Y2Mate, atau KeepVid. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyalin URL video YouTube yang ingin kamu download, tempelkan di dalam kolom yang disediakan di website download video, lalu klik tombol download. Tunggu beberapa saat dan video YouTube akan berhasil di-download di laptop atau PC kamu.

3. Menggunakan Plugin atau Ekstensi

Jika kamu menggunakan browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, kamu juga bisa memanfaatkan plugin atau ekstensi yang bisa membantu kamu mendownload video YouTube di laptop atau PC. Salah satu plugin yang cukup populer adalah Video Downloader professional. Setelah menginstal ekstensi tersebut, kamu tinggal menonton video YouTube yang ingin kamu download, dan klik ikon ekstensi yang muncul di pojok kanan atas browser. Kemudian, pilih format dan kualitas video yang kamu inginkan, dan klik tombol download. Dalam beberapa detik, video YouTube akan berhasil di-download di laptop atau PC kamu.

4. Gunakan Command Prompt

Buat kamu yang memiliki sedikit pengetahuan teknis, kamu bisa menggunakan Command Prompt untuk mendownload video YouTube di laptop atau PC. Caranya cukup sederhana, pertama-tama kamu perlu membuka Command Prompt di laptop atau PC kamu. Kemudian, buka website YouTube dan cari video yang ingin kamu download. Setelah itu, salin URL video tersebut dan kembali ke Command Prompt. Ketikkan perintah youtube-dl diikuti dengan URL video yang telah kamu salin tadi. Kemudian, tekan Enter dan tunggu hingga proses download selesai. Video YouTube akan tersimpan di folder tempat Command Prompt terbuka. Meski terdengar sedikit rumit, menggunakan Command Prompt dapat menjadi alternatif bagi kamu yang tidak ingin menginstal aplikasi tambahan.

5. Gunakan VLC Media Player

VLC Media Player bukan hanya aplikasi pemutar video yang populer, tetapi juga bisa digunakan untuk mendownload video YouTube di laptop atau PC. Caranya cukup mudah, pertama-tama buka VLC Media Player di laptop atau PC kamu. Kemudian, klik menu Media, pilih Open Network Stream, dan salin URL video YouTube yang ingin kamu download di kolom yang disediakan. Setelah itu, klik tombol Play dan video YouTube akan mulai diputar di VLC Media Player. Ketika video sedang diputar, klik tombol Tools, lalu pilih Codec Information. Di jendela yang muncul, kamu akan melihat URL video di bagian “Location”. Salin URL tersebut, buka browser, dan tempelkan URL di dalam browser. Terakhir, klik tombol Play di browser dan video YouTube akan memulai proses download di laptop atau PC kamu.

6. Gunakan YouTube Premium

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman download video YouTube yang lebih mudah dan legal, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan YouTube Premium. Dengan berlangganan YouTube Premium, kamu dapat mendownload video YouTube secara langsung di aplikasi YouTube tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Selain mendownload video, kamu juga bisa menikmati fitur-fitur lainnya, seperti tontonan tanpa iklan, akses ke YouTube Music, dan akses ke konten YouTube Originals. Meskipun berbayar, YouTube Premium memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam menikmati konten YouTube di laptop atau PC kamu.

7. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu kamu mendownload video YouTube di laptop atau PC. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu gunakan adalah Tubemate, Snaptube, atau VidMate. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di laptop atau PC kamu. Setelah itu, buka aplikasi dan temukan video YouTube yang ingin kamu download. Pilih format dan kualitas video yang kamu inginkan, lalu klik tombol download. Kamu tinggal menunggu proses download selesai, dan video YouTube akan tersimpan di laptop atau PC kamu.

Kesimpulan

Demikianlah 7 cara download video YouTube di laptop atau PC dengan mudah. Kamu bisa memilih salah satu cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Penting untuk diingat bahwa kamu perlu menghormati hak cipta dan ketentuan penggunaan yang berlaku saat mendownload video YouTube. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari cara download video YouTube di laptop atau PC. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!