CARA MEMBUAT BACKGROUND MS WORD

4 Cara Membuat Background di Word Paling Keren dan Mudah

Apakah Anda sering menggunakan Microsoft Word untuk keperluan menulis dan menyusun dokumen? Jika ya, maka Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Salah satu fitur yang mungkin belum Anda coba adalah membuat background di Word.

Membuat background di Word dapat memberikan tampilan yang lebih menarik pada dokumen Anda. Anda bisa memilih menggunakan gambar, warna, atau kombinasi keduanya sebagai background. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 4 cara membuat background di Word yang paling keren dan mudah. Simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Pertama: Menggunakan Gambar sebagai Background

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat background di Word adalah dengan menggunakan gambar sebagai latar belakang. Caranya sangat mudah. Pertama, pilih gambar yang ingin Anda jadikan background. Pastikan gambar tersebut memiliki resolusi yang cukup jelas agar hasilnya maksimal.

Setelah itu, buka Microsoft Word dan buat dokumen baru. Klik tab “Design” yang terletak di sebelah kiri atas layar, kemudian pilih “Page Color”. Di bawah opsi “Fill Effects”, klik “Picture” dan pilih gambar yang telah Anda siapkan tadi.

Gambar akan otomatis menjadi background dokumen Anda. Anda juga dapat mengatur penyesuaian gambar, kecerahan, dan kontras melalui opsi yang tersedia. Jika sudah sesuai dengan keinginan, klik “OK” untuk menerapkan background tersebut.

Cara Kedua: Menggunakan Warna sebagai Background

Selain menggunakan gambar, Anda juga dapat membuat background di Word dengan menggunakan warna solid. Caranya sangat sederhana. Pertama, buka Microsoft Word dan buat dokumen baru. Klik tab “Design” yang terletak di sebelah kiri atas layar, kemudian pilih “Page Color”.

Di bawah opsi “Theme Colors” atau “Standard Colors”, ada berbagai pilihan warna yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa mengklik “More Colors” untuk memilih warna lain yang tidak terdapat dalam pilihan standar.

Setelah memilih warna yang diinginkan, warna tersebut akan otomatis menjadi background dokumen Anda. Anda juga dapat mengatur transparansi warna melalui opsi yang tersedia. Jika sudah sesuai dengan keinginan, klik “OK” untuk menerapkan background tersebut.

Cara Ketiga: Kombinasi Gambar dan Warna

Untuk menciptakan tampilan background yang lebih menarik, Anda bisa mencoba kombinasi gambar dan warna di Word. Caranya sangat mirip dengan cara pertama dan kedua. Pertama, buka Microsoft Word dan buat dokumen baru. Klik tab “Design” yang terletak di sebelah kiri atas layar, kemudian pilih “Page Color”.

Di bawah opsi “Fill Effects”, klik “Picture” untuk memilih gambar yang ingin Anda gunakan sebagai background. Setelah memilih gambar, klik “OK” untuk menerapkan gambar tersebut sebagai background.

Selanjutnya, Anda bisa mengatur warna solid di atas gambar tersebut untuk menciptakan efek yang lebih menarik. Klik opsi warna yang tersedia di bawah opsi “Theme Colors” atau “Standard Colors”. Anda juga dapat mengatur transparansi warna melalui opsi yang tersedia. Setelah itu, klik “OK” untuk menerapkan kombinasi gambar dan warna sebagai background dokumen Anda.

Cara Keempat: Membuat Watermark di Word

Selain membuat background di Word, Anda juga dapat mencoba membuat watermark pada dokumen Anda. Watermark merupakan tulisan atau gambar yang ditempatkan di latar belakang dokumen. Fitur ini sering digunakan untuk memberikan identitas pada dokumen seperti logo perusahaan atau tulisan “Draft”.

Caranya cukup mudah. Pertama, buka Microsoft Word dan buat dokumen baru. Klik tab “Design” yang terletak di sebelah kiri atas layar, kemudian pilih “Watermark”. Di bawah opsi “Presets”, ada beberapa pilihan watermark yang dapat Anda pilih.

Anda juga dapat membuat watermark kustom dengan mengklik opsi “Custom Watermark”. Di sini, Anda bisa memilih apakah ingin menambahkan gambar atau tulisan sebagai watermark. Jika Anda memilih gambar, Anda dapat mengunggah gambar yang diinginkan. Jika Anda memilih tulisan, Anda bisa mengetikkan kata atau kalimat yang Anda inginkan.

Setelah itu, Anda dapat mengatur ukuran, transparansi, rotasi, dan tata letak watermark melalui opsi yang tersedia. Jika sudah sesuai dengan keinginan, klik “OK” untuk menerapkan watermark tersebut pada dokumen Anda.

Kesimpulan

Membuat background di Word dapat memberikan tampilan yang lebih menarik pada dokumen Anda. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan 4 cara membuat background di Word yang paling keren dan mudah, yaitu menggunakan gambar sebagai background, menggunakan warna sebagai background, kombinasi gambar dan warna, serta membuat watermark di Word.

Anda bisa mencoba salah satu atau bahkan semua cara tersebut tergantung pada kebutuhan dan selera Anda. Jangan takut untuk bereksperimen dan menciptakan tampilan background yang unik dan menarik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam membuat dokumen yang lebih menarik di Microsoft Word!

Ucapkan sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses selalu!