CARA MEMBUAT BARCODE WORD

Cara Membuat Barcode di Microsoft Word

Pendahuluan

Barangkali Anda sudah pernah mendengar tentang barcode. Barcode adalah deretan angka yang biasanya ditemukan pada label produk atau kemasan. Barcode digunakan untuk memudahkan proses identifikasi produk, seperti saat melakukan pembelian di kasir atau saat melakukan pengiriman barang.

Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat barcode di Microsoft Word, Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat barcode di Microsoft Word.

Langkah 1: Menginstal Add-In Barcode

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal add-in barcode pada Microsoft Word. Add-in ini akan memungkinkan Anda untuk menghasilkan barcode di dalam dokumen Word Anda.

Untuk menginstal add-in ini, buka Microsoft Word dan pergi ke menu “Add-Ins“. Kemudian, cari plugin barcode yang sesuai dengan versi Word Anda dan ikuti petunjuk instalasi yang diberikan.

Langkah 2: Menambahkan Barcode ke Dokumen Word

Setelah Anda berhasil menginstal add-in barcode, langkah selanjutnya adalah menambahkan barcode ke dokumen Word Anda.

Untuk melakukannya, buka dokumen Word yang ingin kamu tambahkan barcode. Pergi ke menu “Add-Ins” dan pilih opsi “Tambahkan Barcode”.

Langkah 3: Mengatur Properti Barcode

Setelah menambahkan barcode ke dokumen Word, langkah berikutnya adalah mengatur properti barcode. Properti-barcode akan menentukan tampilan barcode, seperti tinggi, lebar, atau jenis barcode yang digunakan.

Untuk mengatur properti-barcode, klik dua kali pada barcode yang sudah ditambahkan ke dokumen Word. Ini akan membuka jendela pengaturan properti-barcode.

Langkah 4: Menyesuaikan Tampilan Barcode

Setelah mengatur properti barcode, Anda dapat menyesuaikan tampilan barcode sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda dapat mengubah warna barcode, mengganti font, atau menambahkan label-teks ke barcode. Jika Anda ingin mengubah ukuran barcode, Anda dapat menggeser sudut bawah kanan barcode untuk memperbesar dan memperkecil ukurannya.

Kesimpulan

Membuat barcode di Microsoft Word sebenarnya cukup mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan barcode ke dokumen Word Anda. Barcode akan membantu Anda dalam proses identifikasi produk, pembelian, atau pengiriman barang. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan barcode di dokumentasi Word Anda! Selamat mencoba!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!