CARA MEMBUAT FILE PDF KE MS WORD

Cara Membuat File PDF di Microsoft Word dan Mengubah atau Convert File

Pendahuluan

Banyak orang yang menggunakan Microsoft Word sebagai program pengolah kata utama mereka. Namun, seringkali kita perlu mengubah atau mengonversi file Word menjadi format PDF. PDF atau Portable Document Format adalah format file yang digunakan untuk menyimpan dokumen dengan tampilan yang seragam dan dapat dibuka di berbagai platform. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat file PDF di Microsoft Word dan mengubah atau mengonversi file Word menjadi PDF dengan mudah.

Langkah-Langkah Membuat File PDF di Microsoft Word

Jika Anda ingin membuat file PDF dari dokumen Word yang telah Anda buat, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dokumen Word yang ingin Anda konversi menjadi file PDF.
  2. Pilih menu “File” di bagian atas layar.
  3. Klik “Save As” atau “Simpan Sebagai”.
  4. Pilih lokasi tempat Anda ingin menyimpan file PDF tersebut.
  5. Pilih format “PDF (*.pdf)” dari daftar opsi.
  6. Klik “Save” atau “Simpan” untuk mengonversi file Word menjadi PDF.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat file PDF dari dokumen Word yang Anda buat. Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara mengubah atau mengonversi file Word menjadi PDF menggunakan aplikasi khusus.

Langkah-Langkah Mengubah atau Mengonversi File Word Menjadi PDF

Jika Anda ingin mengubah atau mengonversi file Word menjadi PDF tanpa menggunakan Microsoft Word, Anda dapat memanfaatkan beberapa aplikasi pihak ketiga berikut:

  1. Adobe Acrobat: Adobe Acrobat adalah salah satu aplikasi PDF yang paling populer dan memiliki fitur lengkap untuk mengonversi file Word menjadi PDF.
  2. WPS PDF Converter: WPS PDF Converter adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengubah file Word menjadi PDF dengan mudah.
  3. SmallPDF: SmallPDF adalah aplikasi online yang dapat mengonversi berbagai jenis file termasuk Word menjadi PDF.

Menggunakan aplikasi di atas, Anda hanya perlu mengunggah file Word yang ingin Anda konversi, lalu pilih opsi untuk mengonversi ke PDF, dan terakhir, unduh file PDF yang dihasilkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara membuat file PDF di Microsoft Word dan mengubah atau mengonversi file Word menjadi PDF. Anda dapat menggunakan fitur bawaan Microsoft Word atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Acrobat, WPS PDF Converter, atau SmallPDF. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengonversi file Word menjadi PDF. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!