CARA MEMBUAT FORMAT DAFTAR PUSTAKA DI WORD

Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word

Pendahuluan

Membuat daftar pustaka merupakan salah satu hal yang penting dalam penulisan karya ilmiah, baik itu jurnal internasional, skripsi, atau karya ilmiah lainnya. Daftar pustaka berfungsi untuk memberikan referensi mengenai sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai cara membuat daftar pustaka dengan mudah menggunakan Microsoft Word.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Internasional

Jurnal internasional merupakan salah satu sumber yang sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Berikut adalah langkah-langkah untuk menulis daftar pustaka dari jurnal internasional:

  1. Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  2. Pada bagian akhir tulisan atau karya ilmiah Anda, masukkan sub judul “Daftar Pustaka” atau “Referensi”.
  3. Tambahkan entri daftar pustaka dengan format yang sesuai. Misalnya:

1. Nama Penulis, Judul Artikel, Nama Jurnal, Volume Jurnal, Nomor Issue/Nomor Edisi, Halaman awal-Halaman akhir, Tahun Terbit.

Contoh:

  • John Doe, “The Impact of Climate Change on Biodiversity,” International Journal of Environmental Studies, vol. 35, no. 2, pp. 123-145, 2018.
  • Jane Smith, “The Role of Artificial Intelligence in Healthcare,” Journal of Medical Research, vol. 42, no. 3, pp. 256-278, 2019.

4. Tambahkan entri lainnya sesuai dengan sumber yang digunakan. Pastikan untuk mencantumkan semua informasi yang diperlukan seperti nama penulis, judul artikel, nama jurnal, volume jurnal, nomor issue atau edisi, halaman awal dan akhir, serta tahun terbit.

Langkah-langkah di atas dapat memudahkan Anda dalam membuat daftar pustaka dari jurnal internasional. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda juga dapat menggunakan fitur pengelola daftar pustaka yang disediakan oleh Microsoft Word.

Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok Kedalam di Microsoft Word

  1. Pada bagian akhir penulisan Anda, buatlah sub judul “Daftar Pustaka Menjorok Kedalam” atau “Indentasi Daftar Pustaka”.
  2. Tambahkan entri daftar pustaka dengan menerapkan indentasi pada setiap baris kedua dan seterusnya. Misalnya:

1. Nama Penulis, Judul Artikel, Nama Jurnal, Volume Jurnal, Nomor Issue/Nomor Edisi, Halaman awal-Halaman akhir, Tahun Terbit.

John Doe, “The Impact of Climate Change on Biodiversity,” International Journal of Environmental Studies, vol. 35, no. 2, pp. 123-145, 2018.

Jane Smith, “The Role of Artificial Intelligence in Healthcare,” Journal of Medical Research, vol. 42, no. 3, pp. 256-278, 2019.

  1. Tambahkan entri lainnya sesuai dengan sumber yang digunakan.

Memformat daftar pustaka dengan menjorok kedalam dapat membuat tampilan daftar pustaka lebih rapi dan terstruktur. Pastikan untuk mengatur indentasi dengan benar agar penulisan daftar pustaka Anda mudah dibaca oleh pembaca.

Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka dengan Gaya APA di Word

Format daftar pustaka yang paling umum digunakan adalah gaya APA (American Psychological Association). Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat daftar pustaka dengan gaya APA di Microsoft Word:

  1. Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  2. Pada bagian akhir penulisan, buatlah sub judul “Daftar Pustaka APA Style” atau “Referensi dengan Gaya APA”.
  3. Tambahkan entri daftar pustaka dengan format yang sesuai. Misalnya:

Nama Penulis. (Tahun Terbit). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume Jurnal(Nomor Issue/Nomor Edisi), Halaman awal-Halaman akhir.

Contoh:

  • John Doe. (2018). The Impact of Climate Change on Biodiversity. International Journal of Environmental Studies, 35(2), 123-145.
  • Jane Smith. (2019). The Role of Artificial Intelligence in Healthcare. Journal of Medical Research, 42(3), 256-278.

4. Tambahkan entri lainnya sesuai dengan sumber yang digunakan.

Menggunakan gaya APA dalam daftar pustaka akan memberikan kesan profesional pada penulisan karya ilmiah Anda. Pastikan untuk mencantumkan semua informasi yang diperlukan seperti nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume jurnal, nomor issue atau edisi, serta halaman awal dan akhir.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Membuat daftar pustaka secara otomatis dapat memudahkan Anda dalam mengelola referensi yang digunakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word:

  1. Pada bagian akhir penulisan, buatlah sub judul “Daftar Pustaka Otomatis” atau “Automatic Bibliography”.
  2. Tambahkan entri daftar pustaka dengan menggunakan fitur pengelola daftar pustaka yang disediakan oleh Microsoft Word. Misalnya:

1. Tambahkan referensi dari sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan Anda.

2. Pilih gaya format daftar pustaka yang diinginkan, misalnya APA, MLA, Chicago, atau lainnya.

3. Microsoft Word akan secara otomatis menghasilkan daftar pustaka berdasarkan referensi yang Anda tambahkan.

4. Pastikan untuk memeriksa kembali daftar pustaka yang dihasilkan oleh Microsoft Word, dan jika diperlukan, lakukan penyesuaian manual.

Menggunakan fitur pengelola daftar pustaka dalam Microsoft Word sangat mempermudah Anda dalam membuat dan mengupdate daftar pustaka secara otomatis. Pastikan untuk memeriksa kembali daftar pustaka yang dihasilkan untuk memastikan semua sumber yang digunakan telah tercantum dengan benar.

Kesimpulan

Dalam penulisan karya ilmiah, daftar pustaka merupakan bagian yang penting untuk memberikan referensi mengenai sumber-sumber yang digunakan. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa cara mudah untuk membuat daftar pustaka di Microsoft Word. Anda dapat menggunakan cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari menulis daftar pustaka dari jurnal internasional, membuat daftar pustaka dengan gaya APA, hingga membuat daftar pustaka secara otomatis. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membuat daftar pustaka yang rapi dan terstruktur dalam penulisan karya ilmiah Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!