CARA MEMBUAT GARIS UKURAN DI WORD

Cara Membuat Garis di Word untuk Tanda Tangan & KOP Surat – SemutImut

Jika Anda sering menggunakan aplikasi Word untuk keperluan pekerjaan atau studi, Anda mungkin pernah mengalami kebingungan saat ingin membuat garis di dalam dokumen Anda. Garis dapat digunakan sebagai pemisah antara bagian-bagian dalam dokumen, atau sebagai hiasan untuk membuat tampilan dokumen Anda lebih menarik.

Untuk membuat garis di Word, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Menggunakan Tool Border di Ribbon

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan tool border yang sudah disediakan di ribbon Word. Tool border ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat garis di dalam dokumen.

Untuk menggunakan tool border ini, pertama-tama Anda harus memilih teks atau bagian dokumen yang ingin Anda beri garis. Setelah itu, pilih tab ‘Home’ di menu ribbon, kemudian pilih submenu ‘Borders’.

Setelah Anda memilih submenu ‘Borders’, akan muncul beberapa pilihan garis yang dapat Anda pilih. Misalnya, Anda dapat memilih garis horizontal, garis vertikal, garis dengan pola tertentu, dll.

Jika Anda ingin menggunakan garis dengan pola tertentu, Anda juga dapat mengklik tombol ‘More Borders’ yang ada di pojok kanan bawah submenu ‘Borders’. Di jendela ‘Borders and Shading’ yang muncul, Anda dapat menyesuaikan jenis garis, lebar garis, warna garis, dan pola garis sesuai dengan keinginan Anda.

2. Menggunakan Gambar Garis

Jika Anda ingin menggunakan gambar garis yang lebih khusus atau unik, Anda juga dapat melakukannya di Word. Caranya sangat mudah.

Pertama-tama, Anda harus mencari atau membuat gambar garis yang ingin Anda gunakan. Setelah itu, pilih tab ‘Insert’ di menu ribbon, kemudian klik tombol ‘Pictures’ untuk menyisipkan gambar garis tersebut ke dalam dokumen Anda.

Setelah Anda menyisipkan gambar garis, Anda dapat mengatur posisi dan ukuran gambar sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur ‘Wrapping’ di menu ribbon untuk mengatur bagaimana teks di sekitar gambar garis tersebut akan diposisikan.

Jika Anda ingin mengatur bagaimana garis tersebut akan muncul di bagian atas atau bagian bawah dokumen, Anda dapat dengan mudah menggeser posisi gambar garis tersebut dengan mengklik dan menahan gambar, lalu menariknya ke posisi yang diinginkan.

3. Menggunakan Shortcut Keyboard

Jika Anda ingin lebih praktis dan cepat dalam membuat garis di Word, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard. Berikut adalah beberapa shortcut keyboard yang dapat Anda gunakan:

  • Untuk membuat garis horizontal: tekan tombol ‘—‘ (minus) tiga kali, lalu tekan tombol ‘Enter’.
  • Untuk membuat garis vertikal: tekan tombol ‘|’ (garis vertikal), lalu tekan tombol ‘Enter’.
  • Untuk membuat garis diagonal: tekan tombol ‘\’ (garis miring ke kiri), lalu tekan tombol ‘Enter’.
  • Untuk membuat garis diagonal terbalik: tekan tombol ‘/’ (garis miring ke kanan), lalu tekan tombol ‘Enter’.

Shortcut keyboard ini sangat berguna jika Anda ingin cepat membuat garis dalam dokumen Word tanpa harus menggunakan mouse atau trackpad.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat garis di Word. Anda dapat menggunakan tool border di ribbon, menyisipkan gambar garis, atau menggunakan shortcut keyboard. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan coba praktekkan sekarang juga!

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi Word. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di website kami. Sampai jumpa!