CARA MEMBUAT HALAMAN DI WORD BERBEDA ATAS DAN BAWAH

Cara Membuat Format Halaman Berbeda di Microsoft Word Untuk Skripsi

Pendahuluan

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer di dunia. Banyak orang menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen, termasuk skripsi. Salah satu hal yang sering ditanyakan adalah bagaimana cara membuat format halaman yang berbeda di Microsoft Word untuk skripsi. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat format halaman yang berbeda di Microsoft Word untuk skripsi dengan langkah-langkah yang sederhana.

Tahap 1: Membuka Dokumen Skripsi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka dokumen skripsi yang akan Anda edit. Untuk membuka dokumen skripsi, cukup buka Microsoft Word dan pilih “Buka” dari menu “File”. Cari file skripsi Anda dan klik “Buka”.

Tahap 2: Menambahkan Section Break

Setelah dokumen skripsi terbuka, langkah selanjutnya adalah menambahkan “section break” di tempat-tempat yang Anda ingin format halamannya berbeda. Misalnya, jika Anda ingin format halaman untuk bagian pendahuluan berbeda dengan bagian isi, Anda perlu menambahkan “section break” di antara kedua bagian tersebut.

Tahap 3: Mengatur Format Halaman

Setelah menambahkan “section break”, langkah selanjutnya adalah mengatur format halaman. Pilih bagian dokumen yang ingin Anda atur format halamannya, misalnya bagian pendahuluan. Klik kanan pada bagian tersebut dan pilih “Format Halaman” dari menu yang muncul.

Tahap 4: Mengatur Nomor Halaman

Di dalam jendela “Format Halaman”, Anda akan melihat tab “Nomor Halaman”. Pilih tab tersebut dan centang kotak “Mulai dari” untuk mengatur nomor halaman baru di bagian yang Anda pilih sebelumnya. Masukkan nomor halaman yang Anda inginkan dan klik “OK” untuk menyimpan pengaturan.

Tahap 5: Mengatur Format Halaman untuk Bagian Lain

Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk mengatur format halaman bagi bagian-bagian lain dari dokumen skripsi Anda. Misalnya, jika bagian pendahuluan memiliki format halaman yang berbeda dengan bagian bab, Anda perlu menambahkan “section break” di antara keduanya dan mengatur format halamannya sesuai keinginan Anda.

Tahap 6: Melihat Hasil

Setelah Anda selesai mengatur format halaman, Anda dapat melihat hasilnya dengan cara mengklik “Lihat” pada menu utama Microsoft Word dan memilih “Tampilan Normal”. Dalam tampilan normal, Anda dapat melihat perubahan format halaman yang telah Anda terapkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara membuat format halaman yang berbeda di Microsoft Word untuk skripsi. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan, Anda dapat dengan mudah mengatur format halaman yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Cara Membuat Nomor Halaman Skripsi yang Berbeda di Word

Pendahuluan

Salah satu hal yang sering ditanyakan oleh mahasiswa yang sedang menyusun skripsi adalah bagaimana cara membuat nomor halaman yang berbeda untuk setiap bagian skripsi. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuat nomor halaman yang berbeda di Microsoft Word.

Tahap 1: Membuka Dokumen Skripsi

Langkah pertama adalah membuka dokumen skripsi Anda di Microsoft Word. Setelah dokumen terbuka, pastikan Anda berada di tab “Insert” di menu utama.

Tahap 2: Menambahkan “Page Break”

Anda perlu menambahkan “page break” di akhir setiap bagian skripsi yang ingin memiliki nomor halaman yang berbeda. Misalnya, jika Anda ingin nomor halaman di bagian pendahuluan berbeda dengan nomor halaman di bagian isi, Anda perlu menambahkan “page break” di antara kedua bagian tersebut.

Tahap 3: Mengatur Nomor Halaman

Setelah menambahkan “page break”, langkah selanjutnya adalah mengatur nomor halaman untuk setiap bagian skripsi. Klik dua kali di bagian halaman yang ingin Anda atur nomor halamannya, misalnya bagian isi. Ini akan membuka jendela “Header & Footer” di bagian atas halaman.

Tahap 4: Menyembunyikan Nomor Halaman

Di dalam jendela “Header & Footer”, Anda dapat menentukan apakah nomor halaman akan ditampilkan atau disembunyikan di bagian tersebut. Untuk menyembunyikan nomor halaman di bagian isi, centang kotak “Different First Page” di bagian “Header & Footer Tools”.

Tahap 5: Mengatur Nomor Halaman Berbeda

Setelah menyembunyikan nomor halaman di bagian isi, Anda dapat mengatur nomor halaman yang berbeda di bagian pendahuluan atau bagian lainnya dengan mengklik dua kali pada bagian tersebut. Masukkan nomor halaman yang Anda inginkan dan formatnya sesuai keinginan Anda.

Tahap 6: Melihat Hasil

Setelah Anda selesai mengatur nomor halaman, Anda dapat melihat hasilnya dengan cara mengklik “Lihat” pada menu utama Microsoft Word dan memilih “Tampilan Normal”. Dalam tampilan normal, Anda dapat melihat nomor halaman yang berbeda di setiap bagian skripsi Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah untuk membuat nomor halaman yang berbeda di Microsoft Word. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengatur nomor halaman yang berbeda untuk setiap bagian skripsi Anda. Selamat mencoba!

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Atas Bawah di Microsoft Word

Pendahuluan

Saat menyusun dokumen di Microsoft Word, seringkali kita ingin membuat nomor halaman yang berbeda di bagian atas dan bawah halaman. Misalnya, nomor halaman di bagian atas diatur dalam format angka romawi, sementara nomor halaman di bagian bawah diatur dalam format angka biasa. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat nomor halaman yang berbeda di bagian atas dan bawah halaman di Microsoft Word.

Tahap 1: Membuka Dokumen di Microsoft Word

Langkah pertama adalah membuka dokumen di Microsoft Word yang ingin Anda atur nomor halamannya. Setelah dokumen terbuka, pastikan Anda berada di tab “Insert” di menu utama.

Tahap 2: Menambahkan Section Break

Anda perlu menambahkan “section break” di tempat-tempat yang Anda ingin nomor halamannya berbeda, yaitu satu section untuk bagian atas dan satu section untuk bagian bawah halaman. Misalnya, jika Anda ingin nomor halaman di bagian atas berbeda dengan nomor halaman di bagian bawah, Anda perlu menambahkan “section break” di antara kedua bagian tersebut.

Tahap 3: Mengatur Format Halaman Bagian Atas

Klik dua kali di bagian halaman atas untuk membuka jendela “Header & Footer”. Di dalam jendela tersebut, Anda dapat mengatur format nomor halaman sesuai keinginan Anda. Misalnya, jika Anda ingin nomor halaman di bagian atas diatur dalam format angka romawi, Anda dapat memilih format tersebut di menu “Number Format”.

Tahap 4: Mengatur Format Halaman Bagian Bawah

Klik dua kali di bagian halaman bawah untuk membuka jendela “Header & Footer”. Di dalam jendela tersebut, Anda dapat mengatur format nomor halaman sesuai keinginan Anda. Misalnya, jika Anda ingin nomor halaman di bagian bawah diatur dalam format angka biasa, Anda dapat memilih format tersebut di menu “Number Format”.

Tahap 5: Melihat Hasil

Setelah Anda selesai mengatur format halaman, Anda dapat melihat hasilnya dengan cara mengklik “Lihat” pada menu utama Microsoft Word dan memilih “Tampilan Normal”. Dalam tampilan normal, Anda dapat melihat nomor halaman yang berbeda di bagian atas dan bawah halaman dokumen Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara membuat nomor halaman yang berbeda di bagian atas dan bawah halaman di Microsoft Word. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami jelaskan, Anda dapat dengan mudah mengatur format nomor halaman yang berbeda sesuai keinginan Anda. Selamat mencoba!

Cara Kasih Nomor Halaman di Word 2003

Pendahuluan

Word 2003 adalah versi lama dari Microsoft Word, tetapi masih banyak digunakan oleh beberapa orang. Jika Anda menggunakan Word 2003 dan ingin memberi nomor halaman pada dokumen Anda, artikel ini bisa membantu Anda. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memberi nomor halaman di Word 2003 dengan langkah-langkah yang sederhana.

Tahap 1: Membuka Dokumen di Word 2003

Langkah pertama adalah membuka dokumen di Word 2003. Setelah dokumen terbuka, pastikan Anda berada di menu “View”.

Tahap 2: Memasukkan Nomor Halaman

Untuk memasukkan nomor halaman, pilih “Header and Footer” dari menu “View”. Ini akan membuka jendela “Header and Footer”. Di jendela tersebut, klik beberapa kali pada bagian header atau footer dokumen untuk memasukkan nomor halaman.

Tahap 3: Mengatur Tampilan Nomor Halaman

Setelah memasukkan nomor halaman, Anda dapat mengatur tampilan nomor halaman sesuai keinginan Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur ukuran dan jenis font, warna, atau mengubah tata letak nomor halaman.

Tahap 4: Melihat Hasil

Setelah Anda selesai mengatur tampilan nomor halaman, Anda dapat melihat hasilnya dengan cara mengklik “Print Preview” di menu “File”. Ini akan menampilkan tampilan pratinjau dokumen dengan nomor halaman yang telah Anda berikan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara memberi nomor halaman di Word 2003 dengan langkah-langkah yang sederhana. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah memberi nomor halaman pada dokumen Anda di Word 2003. Selamat mencoba!

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Posisi di Microsoft Word 2016

Pendahuluan

Microsoft Word 2016 adalah versi terbaru dari aplikasi pengolah kata yang sangat populer. Salah satu fitur yang banyak digunakan adalah kemampuan untuk membuat nomor halaman yang berbeda posisinya. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat nomor halaman berbeda posisi di Microsoft Word 2016.

Tahap 1: Membuka Dokumen di Microsoft Word 2016

Langkah pertama adalah membuka dokumen di Microsoft Word 2016. Setelah dokumen terbuka, pastikan Anda berada di tab “Insert” di menu utama.

Tahap 2: Menambahkan “Page Break”

Anda perlu menambahkan “page break” di tempat-tempat yang Anda ingin nomor halamannya berbeda posisinya. Misalnya, jika Anda ingin nomor halaman pada bagian pendahuluan muncul di tengah halaman, sedangkan nomor halaman pada bagian isi muncul di kanan bawah halaman, Anda perlu menambahkan “page break” di antara kedua bagian tersebut.

Tahap 3: Mengatur Nomor Halaman di Header atau Footer

Klik dua kali di bagian header atau footer halaman yang ingin Anda atur nomor halamannya. Ini akan membuka jendela “Header & Footer Tools”. Di jendela tersebut, Anda dapat mengatur nomor halaman sesuai keinginan Anda. Misalnya, jika Anda ingin nomor halaman pada bagian pendahuluan berada di tengah halaman, Anda dapat memilih opsi tersebut di menu “Position”.

Tahap 4: Mengatur Nomor Halaman di Tempat Lain

Jika Anda ingin mengatur nomor halaman di tempat lain, misalnya nomor halaman pada bagian isi yang muncul di kanan bawah halaman, Anda perlu menambahkan “page break” di tempat yang diinginkan dan mengatur nomor halamannya di bagian header atau footer halaman yang baru Anda tambahkan.

Tahap 5: Melihat Hasil

Setelah Anda selesai mengatur nomor halaman, Anda dapat melihat hasilnya dengan cara mengklik “Print Preview” di menu “File”. Ini akan menampilkan tampilan pratinjau dokumen dengan nomor halaman yang telah Anda atur.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara membuat nomor halaman yang berbeda posisinya di Microsoft Word 2016. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan, Anda dapat dengan mudah mengatur nomor halaman sesuai keinginan Anda. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan berbagai cara untuk membuat format dan nomor halaman yang berbeda di Microsoft Word