CARA MEMBUAT HALAMAN PADA MICROSOFT WORD 2013

Kursus Komputer Microsoft Word: Cara Membuat Nomor Halaman Ms Word 2007

Dalam mempelajari Microsoft Word 2007, salah satu hal yang penting untuk dipahami adalah cara membuat nomor halaman yang berbeda dalam satu dokumen. Hal ini sangat berguna untuk membuat dokumen yang lebih teratur dan rapi. Untuk itu, berikut adalah beberapa langkah mudah untuk membuat format nomor halaman yang berbeda dalam Microsoft Word 2007.

Langkah 1: Buka Dokumen Microsoft Word 2007

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka dokumen Microsoft Word 2007. Jika Anda belum memiliki dokumen apapun, Anda dapat membuatnya dengan mengklik tombol “File” lalu pilih “New Blank Document”. Setelah itu, akan muncul dokumen kosong yang siap untuk diedit.

Langkah 2: Pilih Tab “Insert”

Setelah dokumen terbuka, pilih tab “Insert” yang terletak di bagian atas jendela aplikasi Word. Pada tab ini, Anda akan menemukan berbagai pilihan untuk memodifikasi dokumen Anda, termasuk membuat nomor halaman yang berbeda.

Langkah 3: Pilih Opsi “Page Number”

Pada tab “Insert”, Anda akan melihat menu drop-down dengan berbagai opsi. Pilih opsi “Page Number” untuk mulai membuat nomor halaman yang berbeda dalam dokumen Anda.

Langkah 4: Pilih Opsi “Format Page Numbers”

Setelah memilih opsi “Page Number”, akan muncul menu drop-down baru. Pilih opsi “Format Page Numbers” untuk melanjutkan proses membuat nomor halaman yang berbeda.

Langkah 5: Pilih Opsi “Start At”

Pada jendela “Format Page Numbers”, Anda akan melihat opsi “Start At” yang memungkinkan Anda untuk memulai nomor halaman dari angka yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin memulai nomor halaman dari angka 1, Anda dapat mengatur opsi ini menjadi 1.

Langkah 6: Pilih Opsi “Different First Page”

Jika Anda ingin nomor halaman pertama dokumen Anda berbeda dengan nomor halaman di halaman-halaman berikutnya, Anda dapat mengaktifkan opsi “Different First Page”. Caranya, pilih opsi ini pada jendela “Format Page Numbers”.

Langkah 7: Pilih Opsi “Different Odd & Even Pages”

Untuk membuat nomor halaman ganjil dan genap berbeda dalam dokumen Anda, Anda dapat mengaktifkan opsi “Different Odd & Even Pages” pada jendela “Format Page Numbers”. Dengan begitu, nomor halaman ganjil dan genap akan ditampilkan secara terpisah dalam dokumen Anda.

Langkah 8: Klik Tombol “OK”

Setelah melakukan semua pengaturan yang Anda inginkan, klik tombol “OK” untuk menerapkan perubahan dan menyimpan dokumen Anda.

Langkah 9: Lakukan Penyesuaian Format Nomor Halaman

Selanjutnya, jika Anda ingin mengubah tampilan dan format nomor halaman yang telah Anda buat, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Pilih menu “Design” yang terletak di bagian atas jendela aplikasi Word, kemudian pilih opsi “Page Number”. Dalam menu ini, Anda akan menemukan berbagai opsi untuk mengubah format nomor halaman Anda, seperti mengganti jenis font, ukuran huruf, warna, dan lain sebagainya.

Langkah 10: Cetak atau Simpan Dokumen

Setelah Anda puas dengan format nomor halaman yang telah Anda buat, Anda dapat mencetak atau menyimpan dokumen Anda untuk penggunaan selanjutnya. Pilih menu “File” dan pilih opsi “Print” jika Anda ingin mencetak dokumen. Jika Anda ingin menyimpan dokumen, pilih opsi “Save” dan pilih lokasi penyimpanan yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat format nomor halaman yang berbeda dalam satu dokumen di Microsoft Word 2007. Hal ini sangat berguna untuk membuat dokumen yang lebih teratur dan rapi. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kesulitan dalam mengikuti langkah-langkah di atas, jangan ragu untuk mencari bantuan lebih lanjut atau mengikuti kursus komputer tentang Microsoft Word.

Gunakanlah fitur-fitur yang ada dalam Microsoft Word 2007 ini dengan bijak agar dapat membantu meningkatkan produktivitas dan keprofesionalan Anda dalam mengolah dokumen-dokumen. Selamat mencoba!

Referensi:

  1. Kursus Komputer Microsoft Word
  2. Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!