CARA MEMBUAT HURUF MELENGKUNG DI WORD

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel 2021

Memperindah Teks pada Desainmu dengan Tulisan Melengkung

Tulisan melengkung merupakan salah satu teknik desain grafis yang dapat memberikan tampilan yang menarik dan kreatif pada berbagai proyek desain. Salah satu software yang sering digunakan untuk membuat tulisan melengkung adalah Corel. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat tulisan melengkung di Corel 2021.

Langkah 1: Buka Software Corel dan Buat Dokumen Baru

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka software Corel dan membuat dokumen baru. Pilih ukuran dan orientasi dokumen sesuai dengan kebutuhan desainmu.

Jika sudah memiliki dokumen yang siap digunakan, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Pilih Alat Teks

Setelah dokumen diperbesar atau diperkecil sesuai kebutuhan, pilih alat teks dengan mengklik ikon T pada toolbar. Kemudian, klik pada area tempat kamu ingin menambahkan tulisan melengkung.

Jika kamu ingin menambahkan teks melengkung di sepanjang garis melingkar atau bentuk lainnya, gunakan alat Teks di sekitar bentuk tersebut.

Langkah 3: Ketik Tulisan yang Diinginkan

Setelah memilih alat teks, ketik tulisan yang diinginkan pada area tempat kamu telah menentukannya. Kamu dapat menyesuaikan ukuran, jenis huruf, dan warna tulisan sesuai selera desainmu.

Teks melengkung dapat memberikan kesan yang lebih menarik jika dikombinasikan dengan jenis huruf dan ukuran yang bijak. Periksa beberapa kombinasi yang berbeda untuk menemukan yang sesuai dengan proyekmu.

Langkah 4: Mengatur Teks Menjadi Melengkung

Untuk mengubah tulisan menjadi melengkung di Corel, kamu perlu menggunakan fitur “Bentuk Teks”. Caranya adalah:

  1. Pilih sebagian atau seluruh teks yang ingin kamu ubah menjadi melengkung.
  2. Klik kanan pada teks yang telah dipilih dan pilih “Bentuk Teks” dari menu yang muncul.
  3. Pilih jenis kurva yang diinginkan, seperti “Inisialisasi Sederhana” atau “Kurva Proporsional”.
  4. Atur tingkat melengkung dan arah melengkung sesuai keinginanmu.
  5. Klik “OK” untuk mengonfirmasi perubahan.

Langkah 5: Mengedit dan Menggabungkan Tulisan Melengkung

Setelah kamu mengubah teks menjadi melengkung, kamu masih bisa melakukan penyesuaian lebih lanjut. Fitur yang dapat kamu gunakan untuk mengedit tulisan melengkung adalah “Teks dalam Kelompok”. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Ungroupkan teks dengan mengklik kanan pada teks melengkung dan memilih “Ungroupkan” dari menu yang muncul.
  2. Setelah teks terpisah menjadi objek individu, kamu dapat mengedit masing-masing objek sesuai dengan desain yang diinginkan.
  3. Jika kamu ingin menggabungkan beberapa objek menjadi satu, pilih objek yang ingin digabungkan, lalu klik kanan dan pilih “Gabung” dari menu yang muncul.
  4. Perbedaan warna, ukuran, dan jenis huruf dapat memberikan efek visual yang menarik pada tulisan melengkungmu.

Langkah 6: Menyimpan dan Menggunakan Tulisan Melengkung

Setelah menyelesaikan proses pembuatan tulisan melengkung di Corel, kamu dapat menyimpannya dalam format gambar atau dokumen untuk digunakan dalam proyek desainmu.

Kamu juga dapat mengimpor tulisan melengkung ke proyek desain lainnya di Corel atau software desain grafis lainnya sesuai kebutuhanmu.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara membuat tulisan melengkung di Corel 2021. Langkah-langkahnya meliputi membuka software Corel dan membuat dokumen baru, memilih alat teks, mengetik tulisan yang diinginkan, mengatur teks menjadi melengkung, mengedit dan menggabungkan tulisan melengkung, serta menyimpan dan menggunakan tulisan melengkung dalam proyek desainmu.

Dengan menambahkan tulisan melengkung, kamu dapat memperindah desain grafismu dan meningkatkan daya tarik visualnya. Bermain-mainlah dengan jenis huruf, ukuran, dan warna tulisan untuk menciptakan hasil yang unik dan menarik.

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dengan tips dan tutorial desain grafis lainnya!