CARA MEMBUAT KERANGKA PEMIKIRAN DI WORD

Eksplorasi Kerangka Pemikiran dalam Penulisan Skripsi

Pengenalan

Apakah Anda sedang menyiapkan skripsi dan bingung bagaimana membuat kerangka pemikiran yang benar? Jangan khawatir, kali ini kami akan membahas secara lengkap cara membuat kerangka pemikiran dalam penulisan skripsi menggunakan Microsoft Word. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah, mulai dari mengatur kerangka pemikiran hingga menyusun tabel dan bagan yang sesuai. Yuk, simak ulasannya!

Pengertian Kerangka Pemikiran

Sebelum masuk ke langkah-langkah praktis, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu kerangka pemikiran. Kerangka pemikiran adalah suatu konsep dasar yang digunakan dalam sebuah penelitian untuk menjelaskan hubungan antara variabel-variabel yang akan diteliti. Kerangka pemikiran seolah menjadi tulang punggung yang mengarahkan alur penelitian serta mendefinisikan variabel yang akan diobservasi. Dalam konteks penulisan skripsi, kerangka pemikiran dibutuhkan untuk memetakan konsep-konsep yang akan dikaji dalam penelitian Anda.

Langkah Pertama: Menentukan Tujuan Penelitian

Langkah pertama dalam membuat kerangka pemikiran adalah menentukan tujuan penelitian. Tujuan penelitian merupakan hal yang sangat penting karena akan menjadi acuan dalam menyusun seluruh kerangka pemikiran. Mulailah dengan menuliskan tujuan utama kemudian jabarkan tujuan khusus yang ingin Anda capai dalam penelitian Anda.

Langkah Kedua: Identifikasi Variabel Independen dan Dependennya

Setelah menentukan tujuan penelitian, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi variabel independen dan dependen yang akan diteliti. Variabel independen adalah variabel yang mempengaruhi atau menjadi faktor penyebab dari variabel dependen. Sedangkan variabel dependen adalah variabel yang dipengaruhi atau menjadi objek yang diamati dalam penelitian. Identifikasi variabel ini penting untuk memastikan Anda tidak melewatkan variabel-variabel penting dalam penelitian Anda.

Langkah Ketiga: Menyusun Rencana Penelitian

Langkah ketiga dalam membuat kerangka pemikiran adalah menyusun rencana penelitian. Rencana penelitian ini mencakup langkah-langkah konkret yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan penelitian. Mulailah dengan merumuskan hipotesis penelitian yang sesuai dengan tujuan yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Setelah itu, tentukan metode penelitian yang akan Anda gunakan, seperti survei, eksperimen, atau studi kasus. Jelaskan juga bagaimana Anda akan mengumpulkan data dan menganalisisnya.

Langkah Keempat: Membuat Kerangka Pemikiran

Saatnya mulai membuat kerangka pemikiran yang menjadi inti dari penelitian Anda. Kerangka pemikiran ini akan mengilustrasikan hubungan antara variabel independen dan dependen dalam bentuk diagram atau struktur berhierarki. Salah satu cara yang umum digunakan adalah dengan menggunakan bagan alir atau diagram Venn. Akan tetapi, Anda juga dapat menggunakan metode lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah Kelima: Mengatur Kerangka Pemikiran dalam Word

Selanjutnya, adalah tahap mengatur kerangka pemikiran yang telah dibuat dalam aplikasi Microsoft Word. Anda dapat membuat tabel untuk mengorganisir variabel-variabel yang ada serta menjelaskan hubungan antara variabel tersebut. Pastikan tabel yang Anda buat jelas dan mudah dibaca agar memudahkan pembaca dalam memahami kerangka pemikiran Anda.

Langkah Keenam: Menyusun Bagan dan Tabel

Setelah kerangka pemikiran selesai, langkah berikutnya adalah menyusun bagan dan tabel yang mendukung penelitian Anda. Bagan dapat digunakan untuk memvisualisasikan hubungan antara variabel yang diteliti, sedangkan tabel dapat digunakan untuk menyajikan data yang sudah Anda kumpulkan. Pastikan bagan dan tabel yang Anda buat terstruktur dengan baik dan memiliki tampilan yang menarik agar pembaca tertarik untuk mempelajari lebih lanjut penelitian Anda.

Penutup

Demikianlah panduan lengkap cara membuat kerangka pemikiran dalam penulisan skripsi di Microsoft Word. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda diharapkan dapat menyusun kerangka pemikiran yang sesuai dengan penelitian Anda. Selain menggunakan aplikasi Word, Anda juga dapat menggunakan aplikasi lain seperti Excel atau PowerPoint sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah merampungkan kerangka pemikiran, jangan lupa untuk mempercantik presentasi dengan menggunakan bullet dan numbering serta sub consecutive yang jelas. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menulis skripsi. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!