CARA MEMBUAT LAYAR WORD JADI 2

Cara Membuat Layar Word Jadi 2 – Teknik Simpel dan Cepat

Apakah Anda sering merasa terbatas dengan tampilan layar Word yang hanya menampilkan satu halaman? Jika iya, maka Anda perlu tahu cara membuat layar Word jadi 2 agar lebih efisien dalam bekerja. Dalam artikel ini, kami akan membagikan teknik simpel dan cepat yang dapat Anda terapkan. Dengan adanya tampilan 2 layar, Anda dapat melihat dokumen yang sedang Anda buat dan referensi lainnya secara bersamaan. Sebelum kita mulai, pastikan Anda telah membuka aplikasi Microsoft Word di komputer Anda.

Langkah 1: Buka Dokumen Word

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka dokumen Word yang ingin Anda tampilkan dalam 2 layar. Anda dapat membuka dokumen baru atau membuka dokumen yang sudah ada sebelumnya. Pastikan dokumen tersebut sudah disimpan dengan baik agar tidak kehilangan perubahan yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

Langkah 2: Beralih ke Mode Tampilan “Reading”

Setelah dokumen terbuka, langkah berikutnya adalah mengaktifkan mode tampilan “Reading”. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tab “View” di bagian atas layar Word, kemudian pilih opsi “Reading”. Setelah Anda mengaktifkan mode tampilan “Reading”, layar Word akan membagi menjadi 2 bagian, dengan dokumen utama di bagian kiri dan panel navigasi di bagian kanan.

Salah satu keuntungan utama dari mode tampilan “Reading” adalah bahwa Anda dapat dengan mudah membaca dan mengedit dokumen Word tanpa harus terganggu oleh tampilan lainnya. Ini sangat berguna ketika Anda sedang fokus pada penulisan atau pengeditan dokumen yang kompleks.

Langkah 3: Membuka Dokumen Referensi

Dalam tampilan 2 layar ini, Anda dapat membuka dokumen referensi atau dokumen lain yang ingin Anda lihat bersamaan dengan dokumen utama. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Open” di panel navigasi, kemudian mencari dan memilih dokumen yang ingin Anda buka.

Anda juga dapat membuka dokumen referensi dengan menekan tombol “Ctrl” + “O” pada keyboard Anda, kemudian mencari dan memilih dokumen yang diinginkan. Setelah dokumen referensi terbuka, Anda akan melihatnya di panel navigasi sebelah kanan dokumen utama.

Langkah 4: Mengatur Tampilan Layar

Selanjutnya, Anda perlu mengatur tampilan layar agar dokumen utama dan dokumen referensi dapat terlihat dengan jelas di kedua layar. Anda dapat melakukannya dengan menggeser garis pembagi antara bagian kiri dan kanan layar.

Anda juga dapat mengatur ukuran font atau memperbesar tampilan layar dengan menggunakan fitur “Zoom” di bagian atas layar Word. Dengan mengatur tampilan layar dengan bijak, Anda dapat memastikan bahwa Anda dapat melihat dan bekerja dengan nyaman pada kedua dokumen sekaligus.

Langkah 5: Mulai Bekerja dengan Tampilan 2 Layar

Setelah semua dokumen terbuka dan tampilan layar sudah diatur dengan baik, Anda dapat mulai bekerja dengan tampilan 2 layar. Anda dapat melihat dan mengedit dokumen utama di bagian kiri layar, sementara dokumen referensi tetap terlihat di bagian kanan layar.

Dalam tampilan 2 layar ini, Anda dapat dengan mudah membandingkan dan mentransfer informasi antara kedua dokumen. Misalnya, jika Anda sedang menulis sebuah laporan dan perlu merujuk ke dokumen lain, Anda dapat dengan cepat melihat dokumen referensi sambil tetap melanjutkan penulisan di dokumen utama.

Langkah 6: Menyimpan dan Menutup Dokumen

Setelah selesai bekerja dengan tampilan 2 layar, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda lakukan. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Save” di bagian atas layar Word atau menggunakan pintasan keyboard “Ctrl” + “S”.

Setelah dokumen sudah tersimpan dengan baik, Anda dapat menutupnya dengan mengklik tombol “Close” atau menggunakan pintasan keyboard “Ctrl” + “W”. Pastikan Anda sudah menyimpan semua perubahan yang sudah Anda lakukan sebelum menutup dokumen.

Kesimpulan

Dengan menggunakan teknik simpel ini, Anda dapat dengan mudah membuat tampilan layar Word jadi 2 sehingga lebih efisien dalam bekerja. Dengan adanya tampilan 2 layar, Anda dapat melihat dokumen yang sedang Anda buat dan dokumen referensi secara bersamaan, tanpa perlu terus-menerus beralih antar jendela. Hal ini tentu akan membantu Anda dalam menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan tepat. Coba terapkan teknik ini dalam pekerjaan Anda dan rasakan manfaatnya!

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke artikel menarik kami lainnya. Sampai jumpa!