CARA MEMBUAT PER DI WORD 2007

Cara Membuat Per atau Pecahan di Microsoft Word

Memahami Konsep Pecahan

Pecahan adalah salah satu bentuk bilangan yang dapat digunakan untuk menyatakan bagian dari suatu kesatuan. Dalam matematika, pecahan terdiri dari dua bagian, yaitu pembilang (angka atas) dan penyebut (angka bawah). Pembilang mengindikasikan jumlah bagian yang diambil, sedangkan penyebut menunjukkan jumlah bagian keseluruhan. Misalnya, pecahan ½ berarti ada satu bagian dari dua bagian keseluruhan.

Untuk menggambarkan pecahan di Microsoft Word, Anda dapat menggunakan simbol “per” atau garis miring (/). Simbol-simbol ini akan membantu pembaca memahami bahwa bilangan tersebut merupakan pecahan. Berikut ini adalah cara membuat per atau pecahan di Microsoft Word:

Langkah-langkah Membuat Per atau Pecahan di Microsoft Word:

  1. Buka Microsoft Word dan buat dokumen kosong.
  2. Pilih tempat di dokumen Anda di mana Anda ingin menambahkan pecahan.
  3. Klik pada menu “Sisipkan” di bagian atas jendela Word.
  4. Pilih “Simbol” dari menu drop-down yang muncul.
  5. Akan muncul jendela “Simbol”.
  6. Pilih “Karakter Latin Ekstensi Tambahan” dari menu drop-down “Subset”.
  7. Gulir ke bawah daftar karakter dan temukan simbol “Per” atau simbol “Akhir Persen”.
  8. Klik pada simbol yang Anda inginkan untuk menyorotnya.
  9. Klik tombol “Sisipkan” untuk menambahkan simbol pecahan ke dokumen Anda.
  10. Anda juga dapat menggunakan simbol garis miring (/) sebagai pengganti simbol “per”. Caranya, tekan tombol “Slash” (/) di keyboard Anda.
  11. Tekan “Enter” untuk mengakhiri paragraf dan lanjutkan menulis dokumen Anda.
  12. Jika Anda ingin menambahkan pecahan lain di tempat lain dalam dokumen, ulangi langkah 2-10.
  13. Setelah selesai, simpan dokumen Anda.

Tips Membuat Per atau Pecahan di Microsoft Word:

  • Pastikan Anda menggunakan simbol pecahan yang sesuai dengan konteks tulisan Anda. Jika konten Anda mengacu pada matematika,gunakan simbol per atau garis miring (/). Jika tidak, Anda dapat menggunakan kata “per” secara verbal.
  • Periksa kembali dokumen Anda untuk memastikan simbol pecahan ditampilkan dengan benar. Jika tidak, Anda mungkin perlu mengedit tata letak dokumen atau mengganti jenis huruf simbol pecahan.
  • Anda juga dapat memodifikasi simbol pecahan di Microsoft Word dengan memilih simbol dan menggunakan fitur “Format” untuk mengubah ukuran, warna, dan gaya simbol.

Kesimpulan

Menyisipkan simbol “per” atau garis miring (/) di Microsoft Word adalah cara yang efektif untuk menampilkan pecahan dalam dokumen Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan pecahan ke tulisan Anda. Pastikan untuk menggunakan simbol yang sesuai dengan konteks dan periksa kembali dokumen Anda untuk memastikan tampilan yang benar. Dengan sedikit latihan, Anda akan menjadi mahir dalam menggunakan simbol pecahan di Microsoft Word.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!