CARA MEMBUAT QR CODE DI MS WORD

Tutorial Membuat QR Code dengan Microsoft Excel

QR Code atau kode QR telah menjadi salah satu teknologi yang populer dalam berbagai industri. Kode QR ini dapat menyimpan informasi yang beragam, baik itu tautan URL, teks, nomor kontak, atau data lainnya. Jika Anda ingin membuat kode QR dengan mudah, Anda dapat menggunakan Microsoft Excel. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat QR Code dengan Microsoft Excel. Jadi, simak tutorial berikut ini!

Langkah 1: Buka Microsoft Excel dan Persiapkan Data

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Microsoft Excel di perangkat Anda. Setelah berhasil membuka Microsoft Excel, Anda dapat melakukan persiapan data yang akan diubah menjadi QR Code. Pastikan data tersebut terdiri dari tautan URL, teks, atau data lain yang ingin Anda tampilkan dalam QR Code.

Setelah Anda menyiapkan data, Anda dapat mulai membuat QR Code di Microsoft Excel. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 2: Buka Aplikasi QR4Office

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi QR4Office di Microsoft Excel Anda. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna dalam membuat QR Code di Microsoft Excel.

Untuk membuka Aplikasi QR4Office, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Microsoft Excel di perangkat Anda.
  2. Pada toolbar Microsoft Excel, cari tab “Add-Ins” dan klik.
  3. Pilih “Get Add-Ins” atau “Store” untuk mencari aplikasi QR4Office.
  4. Ketik “QR4Office” pada kolom pencarian.
  5. Pilih QR4Office dari daftar hasil pencarian.
  6. Klik tombol “Add” atau “Get” untuk mengunduh dan menginstal aplikasi.

Langkah 3: Gunakan Aplikasi QR4Office untuk Membuat QR Code

Setelah aplikasi QR4Office terinstal, Anda dapat mulai menggunakan aplikasi ini untuk membuat QR Code. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat QR Code di Microsoft Excel menggunakan QR4Office:

  1. Buka Microsoft Excel di perangkat Anda.
  2. Pada toolbar Microsoft Excel, klik tab “QR4Office”.
  3. Di jendela QR4Office, Anda akan melihat beberapa opsi untuk membuat QR Code.
  4. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya “Create QR Code from Cell”.
  5. Pada dialog yang muncul, pilih sel yang berisi data yang ingin Anda ubah menjadi QR Code.
  6. Klik tombol “Create” atau “Generate” untuk membuat QR Code.
  7. QR Code akan langsung ditampilkan di sel yang Anda pilih sebelumnya.

Langkah 4: Test dan Gunakan QR Code

Setelah Anda berhasil membuat QR Code di Microsoft Excel, Anda dapat melakukan pengujian QR Code tersebut. Cobalah untuk memindai atau membuka QR Code menggunakan aplikasi pihak ketiga atau perangkat yang kompatibel. Pastikan QR Code dapat terbaca dengan baik dan menampilkan data yang tepat.

Setelah berhasil melakukan pengujian, Anda dapat menggunakan QR Code tersebut sesuai kebutuhan Anda. QR Code dapat digunakan dalam berbagai platform dan media, seperti poster, brosur, situs web, dan lain sebagainya. Pastikan QR Code tersebut dapat dengan mudah diakses oleh pengguna.

Langkah 5: Simpan dan Bagikan QR Code

Terakhir, Anda dapat menyimpan QR Code yang telah Anda buat di Microsoft Excel. Anda dapat memilih untuk menyimpan file Excel secara keseluruhan atau hanya bagian yang berisi QR Code. Pastikan Anda menyimpan file Excel dengan baik agar QR Code tetap terbaca dengan baik di masa mendatang.

Selain itu, Anda juga dapat membagikan QR Code yang telah Anda buat kepada orang lain. Anda dapat mencetak QR Code tersebut dalam bentuk kertas atau membagikannya secara digital melalui pesan atau email. Pastikan QR Code tetap dapat diakses dengan mudah oleh penerima.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan tentang cara membuat QR Code dengan Microsoft Excel. Dengan menggunakan aplikasi QR4Office, Anda dapat dengan mudah mengubah data di Excel menjadi QR Code yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan dengan seksama agar dapat berhasil membuat QR Code di Microsoft Excel. Selamat mencoba!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!