CARA MEMBUAT SECTION BREAK DI WORD

Panduan Cara Membuat Section Break di Ms. Word (Semua Versi)

Pengenalan

Microsoft Word adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata yang paling populer saat ini. Dengan Word, pengguna dapat membuat dan mengedit dokumen dengan mudah. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Word adalah section break. Section break berguna untuk memisahkan dan mengatur tata letak dari berbagai bagian dalam dokumen. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari cara membuat section break di Ms. Word pada semua versi.

Cara Membuat Section Break di Ms. Word

Langkah pertama dalam membuat section break di Ms. Word adalah membuka dokumen yang ingin Anda edit. Setelah memastikan bahwa dokumen terbuka, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat section break:

  1. Pastikan kursor berada di tempat yang tepat dimana Anda ingin memasukkan section break.
  2. Pergi ke tab “Page Layout” di toolbar.
  3. Di tab “Page Layout”, cari grup “Page Setup” dan klik tombol “Breaks”.
  4. Akan muncul menu dropdown dengan beberapa opsi section break. Pilih jenis section break yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Setelah memilih section break yang diinginkan, kursor akan berpindah ke bagian baru yang terpisah dari bagian sebelumnya. Anda dapat melanjutkan menulis atau mengedit bagian baru ini sesuai keinginan Anda.

Section break sangat berguna ketika Anda ingin mengatur halaman berbeda dengan orientasi atau tata letak yang berbeda. Misalnya, Anda dapat menggunakan section break untuk mengatur halaman dengan orientasi potret dan lanskap secara bergantian dalam dokumen yang sama.

Cara Menghapus Section Break di Ms. Word

Jika Anda ingin menghapus section break yang telah Anda tambahkan sebelumnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan kursor berada di bagian setelah section break yang ingin Anda hapus.
  2. Pergi ke tab “Page Layout” di toolbar.
  3. Di tab “Page Layout”, cari grup “Page Setup” dan klik tombol “Breaks”.
  4. Akan muncul menu dropdown yang menampilkan section break yang sedang digunakan dalam dokumen. Cari dan pilih jenis section break yang ingin Anda hapus.
  5. Section break akan dihapus dan bagian sebelumnya akan terhubung dengan bagian setelahnya.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah mempelajari cara membuat dan menghapus section break di Ms. Word. Section break berguna untuk memisahkan dan mengatur tata letak dari berbagai bagian dalam dokumen. Dengan menggunakan section break, Anda dapat dengan mudah membuat halaman dengan tata letak yang berbeda dalam dokumen yang sama. Jadi, mulailah menggunakan section break di Ms. Word sekarang dan optimalkan pengalaman Anda dalam mengedit dan memformat dokumen!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!