CARA MEMBUAT SKALA LIKERT DI WORD

Cara Membuat Skala Likert Kuesioner di Word Otosection

Pendahuluan

Apakah Anda sedang merencanakan untuk membuat kuesioner dengan menggunakan skala Likert di Word? Skala Likert adalah salah satu metode yang paling umum digunakan dalam penelitian untuk mengukur tingkat pendapat atau persepsi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat kuesioner dengan skala Likert di Word secara lengkap.

Langkah-Langkah Membuat Skala Likert Kuesioner di Word

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Word di komputer Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buat daftar pertanyaan yang ingin Anda sertakan dalam kuesioner. Pastikan pertanyaan-pertanyaan tersebut relevan dengan topik yang ingin Anda teliti.
  2. Pilih tata letak yang sesuai untuk kuesioner Anda. Anda dapat memilih tata letak satu kolom atau dua kolom, tergantung pada preferensi Anda.
  3. Tentukan jenis skala Likert yang ingin Anda gunakan. Skala Likert umumnya menggunakan angka 1 hingga 5, dengan 1 menyatakan “Sangat Tidak Setuju” dan 5 menyatakan “Sangat Setuju”. Anda juga dapat mengubah skala ini sesuai kebutuhan Anda.
  4. Letakkan pertanyaan di bagian atas setiap kolom pada kuesioner. Pastikan pertanyaan tersebut jelas dan mudah dipahami oleh responden.
  5. Tambahkan angka pada setiap kolom yang mewakili skala Likert yang Anda pilih. Anda dapat menggunakan angka 1 hingga 5 atau angka lain sesuai kebutuhan Anda.
  6. Buat ruang kosong di bawah setiap pertanyaan yang dapat diisi oleh responden. Ruang kosong ini dapat berupa kotak centang atau garis horizontal, tergantung pada preferensi Anda.
  7. Berikan instruksi kepada responden tentang bagaimana mengisi kuesioner dengan tepat. Jelaskan apa yang dimaksud dengan masing-masing skala dan jelaskan bahwa mereka harus memilih angka yang paling sesuai dengan pendapat atau persepsi mereka.
  8. Periksa kembali kuesioner yang telah Anda buat dan pastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan.

Cara Membuat Skala Likert di Excel Menjadi Skala Linkert

Selain menggunakan Microsoft Word, Anda juga dapat membuat skala Likert di Excel. Untuk mengubah skala Likert di Excel menjadi skala Linkert, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel di komputer Anda.
  2. Buat daftar pertanyaan seperti yang telah Anda lakukan sebelumnya.
  3. Buat skala Likert dengan memasukkan angka 1 hingga 5 di setiap baris di sebelah kiri pertanyaan.
  4. Tambahkan deskripsi untuk masing-masing angka dalam skala Likert di kolom sebelah kanan.
  5. Buat rumus agar angka yang dipilih oleh responden dihitung secara otomatis. Anda dapat menggunakan rumus seperti =JUMLAH(A2:E2)/JUMLAH(A2:E2) di kolom pilihan responden di bawah angka skala Likert.
  6. Analisis hasil dari skala Linkert yang telah Anda buat di Excel untuk mendapatkan informasi yang lebih detail dan menyeluruh.

Contoh Kuesioner dengan Skala Likert di Google Form

Selain menggunakan Microsoft Word dan Excel, Anda juga dapat membuat kuesioner dengan skala Likert di platform online seperti Google Form. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Form di browser Anda dan login ke akun Google Anda.
  2. Klik tombol “Buat” untuk membuat kuesioner yang baru.
  3. Pilih desain template yang sesuai dengan preferensi Anda atau buat kuesioner Anda sendiri dari awal.
  4. Tambahkan pertanyaan-pertanyaan dengan menggunakan opsi “Pertanyaan Pilihan Ganda”.
  5. Tentukan skala Likert yang ingin Anda gunakan dengan mengatur pilihan jawaban menjadi angka 1 hingga 5.
  6. Tambahkan pertanyaan-pertanyaan lain yang relevan dengan topik penelitian Anda.
  7. Atur tampilan kuesioner dengan mengubah warna, font, dan layout.
  8. Bagikan kuesioner Anda dengan responden dengan menyalin tautan atau mengirimkan undangan melalui email atau media sosial.
  9. Periksa hasil dari kuesioner yang telah diisi oleh responden dan analisis data tersebut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat kuesioner dengan skala Likert di Word, Excel, dan Google Form. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan, Anda akan dapat membuat kuesioner dengan skala Likert secara efektif dan efisien untuk penelitian Anda. Selamat mencoba!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!