CARA MENGGAMBAR GARIS PUTUS-PUTUS DI WORD

Cara Membuat Garis Putus-Putus di Word: Bermacam-Macam Cara yang Bisa Kamu Gunakan

Pendahuluan

Apakah kamu sering kali menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen-dokumen penting? Jika iya, mungkin kamu pernah merasa ingin membuat garis putus-putus di dokumenmu, tetapi tidak tahu cara melakukannya. Tenang saja, kamu tidak sendirian! Banyak orang mengalami hal yang sama. Untungnya, ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat garis putus-putus di Word. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara yang paling lengkap dan mudah untuk kamu coba.

1. Menggunakan Shortcut Keyboard

Salah satu cara termudah untuk membuat garis putus-putus di Word adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Shortcut keyboard adalah kombinasi tombol-tombol di keyboard yang, jika ditekan secara bersamaan, dapat mengeksekusi perintah tertentu. Untuk membuat garis putus-putus di Word, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol “-” (tanda minus) dan “.” (titik). Caranya sangat mudah:

  1. Tekan tombol “-” di keyboard.
  2. Tekan tombol “.” di keyboard.
  3. Tekan tombol “-” di keyboard sekali lagi.

Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, maka akan muncul garis putus-putus di dokumen Wordmu.

2. Menggunakan Fitur “Strikethrough” di Word

Apakah kamu tahu bahwa Word memiliki fitur “Strikethrough” yang dapat digunakan untuk membuat garis putus-putus? Fitur ini sebenarnya tidak secara khusus didesain untuk membuat garis putus-putus, tetapi kamu bisa memanfaatkannya dengan melakukan sedikit modifikasi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Tandai teks yang ingin kamu beri garis putus-putus.
  2. Klik kanan pada teks yang telah ditandai tersebut.
  3. Pilih opsi “Strikethrough” dari menu yang muncul.

Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, maka teks yang kamu tandai akan memiliki garis putus-putus di tengahnya.

3. Menggunakan Custom Border di Word

Salah satu cara lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat garis putus-putus di Word adalah dengan menggunakan fitur “Custom Border”. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat garis dengan pola yang kamu inginkan, termasuk garis putus-putus. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih objek atau teks yang ingin kamu beri garis.
  2. Klik kanan pada objek atau teks yang telah dipilih tersebut.
  3. Pilih opsi “Border” atau “Custom Border” dari menu yang muncul.
  4. Pilih pola garis putus-putus dari daftar pilihan.

Setelah kamu mengikuti langkah-langkah di atas, garis putus-putus akan muncul di sekitar objek atau teks yang kamu pilih.

4. Menggunakan Plug-in atau Add-in di Word

Jika kamu merasa cara-cara di atas terlalu rumit dan ingin yang lebih mudah, kamu bisa mencoba menggunakan plug-in atau add-in di Word. Plug-in atau add-in adalah program tambahan yang dapat kamu pasang di Word untuk menambahkan fitur-fitur tertentu. Ada berbagai plug-in atau add-in yang dapat kamu gunakan untuk membuat garis putus-putus di Word. Kamu bisa mencari dan mengunduh plug-in atau add-in tersebut melalui internet. Setelah kamu mengunduhnya, ikuti petunjuk yang diberikan untuk menginstal dan mengaktifkannya di Wordmu.

5. Menggunakan Gambar Garis Putus-Putus

Jika cara-cara di atas tidak berhasil atau terlalu rumit untukmu, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Caranya adalah dengan menggunakan gambar garis putus-putus. Kamu bisa mencari gambar garis putus-putus di internet atau membuatnya sendiri menggunakan program desain grafis seperti Photoshop. Setelah itu, kamu bisa menyisipkan gambar tersebut ke dalam dokumen Wordmu. Kamu juga bisa memperbesar atau memperkecil gambar tersebut sesuai kebutuhanmu.

6. Menggunakan Tabel di Word

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan tabel di Word. Tabel bisa digunakan untuk membuat garis putus-putus dengan sangat mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Wordmu.
  2. Pilih tempat di mana kamu ingin menempatkan garis putus-putus.
  3. Klik tab “Insert” di menu atas.
  4. Pilih opsi “Table” dari menu yang muncul.
  5. Tentukan jumlah baris dan kolom yang kamu inginkan.
  6. Klik tombol “OK” untuk membuat tabel tersebut.
  7. Hapus batas atas, bawah, kiri, dan kanan tabel agar hanya garis putus-putus yang terlihat.

Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, maka garis putus-putus akan muncul di tempat yang kamu tentukan menggunakan tabel.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat garis putus-putus di Word. Kamu bisa menggunakan shortcut keyboard, fitur “Strikethrough”, custom border, plug-in atau add-in, gambar garis putus-putus, atau tabel untuk mencapai tujuanmu. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan menguasai cara ini, kamu akan lebih percaya diri dalam mengedit dokumen-dokumen di Word. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!