CARA RESET TP LINK TL WR840N

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara setting TP-Link TL-WR840N dan mengatur password WiFi. TP-Link TL-WR840N adalah salah satu router yang cukup populer untuk digunakan di rumah atau kantor kecil. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk mengatur router ini sebagai access point dan juga memberikan beberapa tips tentang pengaturan password WiFi yang aman. Kami juga akan menyertakan beberapa gambar dan FAQ yang berguna untuk membantu Anda memahami langkah-langkah yang dijelaskan.

Setting TP-Link TL-WR840N Sebagai Access Point

TP-Link TL-WR840N router

Langkah pertama dalam mengatur TP-Link TL-WR840N sebagai access point adalah dengan menghubungkannya ke jaringan utama. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kabel Ethernet yang disediakan dan menghubungkannya ke port WAN di belakang router. Setelah terhubung, pastikan router ini mendapatkan alamat IP dari jaringan utama.

Cara Setting TP Link TL-WR840N Sebagai Access Point

Setelah router terhubung ke jaringan utama, buka browser dan masukkan alamat IP default router (umumnya 192.168.0.1 atau 192.168.1.1) untuk mengakses halaman administrasi. Masukkan username dan password default (umumnya admin untuk keduanya) untuk masuk ke halaman pengaturan.

Pada halaman pengaturan, cari opsi yang mengatur aplikasi TP-Link TL-WR840N sebagai access point. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di menu “Wireless” atau “Network”. Aktifkan opsi ini dan simpan pengaturan Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mengatur SSID (nama jaringan WiFi) dan password untuk access point ini. Berikan SSID yang unik dan kuat untuk keperluan keamanan. Pastikan juga untuk mengaktifkan enkripsi WPA2-PSK dan pilih password yang sulit ditebak. Simpan pengaturan dan restart router untuk menerapkan perubahan.

Atur Password WiFi pada TP-Link TL-WR840N

Setting password WiFi di TP-Link TL-WR840N

Langkah pertama dalam mengatur password WiFi pada TP-Link TL-WR840N adalah dengan mengakses halaman pengaturan router melalui browser. Masukkan alamat IP default (192.168.0.1 atau 192.168.1.1) pada browser dan masukkan username serta password default (admin untuk keduanya) untuk masuk.

Pada halaman pengaturan, cari opsi “Wireless” atau “Network” dan klik untuk mengubah pengaturan WiFi. Di sini, Anda akan dapat mengganti SSID (nama jaringan WiFi) dengan yang Anda inginkan. Pastikan untuk memberikan nama jaringan yang unik dan mudah diingat.

Selanjutnya, Anda harus mengatur enkripsi wireless. Kami merekomendasikan menggunakan WPA2-PSK sebagai enkripsi yang paling aman. Aktifkan opsi enkripsi ini dan pilih password yang kuat dan sulit ditebak. Pastikan juga untuk menyimpan password ini dengan aman.

Setelah Anda mengatur password WiFi, Anda dapat mengaktifkan opsi tambahan seperti kontrol akses berbasis MAC dan pengaturan jadwal akses WiFi. Opsi ini dapat membantu meningkatkan keamanan jaringan WiFi Anda.

FAQ

Pertanyaan 1: Bagaimana cara mengatur ulang TP-Link TL-WR840N ke pengaturan pabrik?

Jawaban: Jika Anda perlu mengatur ulang TP-Link TL-WR840N ke pengaturan pabrik, Anda dapat menggunakan tombol Reset yang terletak di belakang router. Tekan dan tahan tombol Reset selama 10 detik menggunakan benda tajam seperti ujung pulpen atau jarum. Setelah itu, router akan kembali ke pengaturan pabrik dan Anda dapat menggunakan username dan password default untuk masuk ke halaman pengaturan.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara memperbarui firmware TP-Link TL-WR840N?

Jawaban: Untuk memperbarui firmware TP-Link TL-WR840N, Anda perlu mengunduh file firmware terbaru dari situs web resmi TP-Link. Setelah mengunduh file, masuk ke halaman pengaturan router melalui browser dan cari opsi “Firmware Upgrade”. Pilih file firmware yang telah Anda unduh dan tunggu hingga proses pembaruan selesai. Jangan matikan router atau cabut kabel selama proses pembaruan firmware berlangsung.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial yang menjelaskan langkah-langkah untuk setting TP-Link TL-WR840N sebagai access point dan mengatur password WiFi. Video ini dapat memberikan gambaran lebih jelas tentang langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini.